Senin, 04 Mei 2015

ENSIKLOPEDIA PERADABAN ISLAM


Karya 
Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec. dan Tim TAZKIA

Promo! Promo! Promo! Tukang Bedah Buku Promo!

Beli 1 paket buku Ensiklopedia Peradaban Islam, gratis 1 buku Amalan Harian Setiap Muslim senilai Rp65.000,-
Kesempatan terbatas hanya sampai 20 Juni 2015.







Hanya dalam waktu 23 tahun, Rasulullah Muhammad saw. mampu membangun suatu masyarakat unik yang belum pernah ada sebelumnya. Suatu masyarakat yang tidak diperhitungkan sebelumnya. Suatu masyarakat yang di kemudian hari dapat mengalahkan dua imperium besar peradaban dunia pada saat itu, yaitu Persia dan Romawi.
  
Ya, generasi sahabat Rasulullah saw. mampu melahirkan suatu peradaban Islam yang sangat fenomenal. Suatu peradaban yang terlahir paling muda, menyebar paling cepat, mencakup wilayah yang paling luas, dianut oleh bermacam suku bangsa dan ras, muncul dalam berbagai aspek yang beragam, baik dalam bidang sastra, seni, busana, dan disiplin keilmuan. 

Peradaban Islam mampu memimpin peradaban dunia selama berabad-abad lamanya, mulia dari Asia, Afrika, hingga Eropa. Jejak-jejak kebesaran peradaban Islam itu masih dapat kita lihat hingga hari ini. Namun sayang, kita sebagai generasi Islam saat ini, seolah terputus dengan sejarah peradaban Islam dari saudara-saudara kita di tempat pusat peradaban Islam masa lalu. Misalnya, kita kesulitan untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah Islam di Cordova; tentang universitas yang berdiri di sana, siapa ulama yang hidup pada masa itu. Juga tentang Yerusalem selama penguasaan Islam; universitas apa saja yang berdiri saat itu, siapa ulama yang berpengaruh pada saat ini. Juga tentang dinasti Mamluk, serta tentang sejarah peradaban Islam di Cina.

Oleh karena itulah, buku Ensiklopedia Peradaban Islam ini hadir di tengah-tengah kita. Buku ini membahas tonggak-tonggak peradaban umat Islam, mulai dari zaman Rasulullah saw., Khulafaur Rasyidin, Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Seljuk, Safawi, Fatimi, Ayyubi, Nasrid al-Andalusi, Turki Utsmani, sampai dengan peradaban Islam di Cina.

Membaca buku ini, akan menyambungkan kita dengan sejarah kebesaran peradaban Islam. Membuat kita semakin bangga dengan Islam. Semakin mengokohkan jatidiri kita sebagai seorang muslim. 

Arti penting buku ini dapat kita lihat ketika dalam satu haditsnya, Rasulullah mengingatkan kita untuk mengajarkan anak-anak untuk mencintai beliau dan keluarga beliau. Begitu juga dapat kita lihat ketika para sahabat mendidik anak-anak mereka, dengan selalu menceritakan sejarah peperangan Islam kepada anak-anak mereka, sebagaimana mereka mengajarkan satu surah Al-Qur`an. Dengan buku ini, kita dapat mengajarkan kepada anak-anak kita tentang sejarah kebesaran Islam, mengokohkan kebanggaan mereka sebagai seorang muslim, dan yang terpenting dapat menguatkan sendi-sendi keimanan mereka. 

Buku Ensiklopedia Peradaban Islam ini terdiri atas sepuluh jilid  yang mengupas pusat-pusat sejarah peradaban Islam dan tidak berdasarkan rentang waktu kronologis.


SPESIFIKASI BUKU ENSIKLOPEDIA PERADABAN ISLAM

 
10 jilid hard cover, isi + 2.200 halaman, kertas matte paper 150gr, berat +15Kg, kemasan eksklusif dilengkapi dengan gambar dan diagram full collor. Kondisi buku baru dan bersegel.

1

MAKKAH


MAKKAH; Jilid 1 Ensiklopedia Peradaban Islam


“Demi Allah, (wahai Makkah). Sesungguhnya engkau adalah sebaik-baiknya bumi Allah dan bumi yang paling Allah sayangi. Kalaulah bukan karena dipaksa keluar, maka aku tidak akan meninggalkan engkau.” (HR Tirmidzi; diucapkan oleh Nabi saat hijrah meninggalkan Makkah ke Madinah)

2

MADINAH


MADINAH; Jilid 2 Ensiklopedia Peradaban Islam

“Sesungguhnya Ibrahim telah mengharamkan (memuliakan) Makkah dan mendoakan penduduknya. Sesungguhnya aku, mengharamkan Madinah sebagaimana Ibrahim telah mengharamkan Makkah. Dan sesungguhnya, aku juga mendoakan agar setiap sha’ dan mud (takaran dan timbanan)nya diberkahi dua kali lipat dari yang didoakan Ibrahim untuk penduduk Makkah.” (HR al-Bukhari dan Muslim)


3

YERUSALEM


YERUSALEM; Jilid 3 Ensiklopedia Peradaban Islam

Sejarah mencatat masa terdamai Yerusalem adalah saat di depan The Holy Sepulchure (Gereja Makam Suci Yesus), Uskup Sophronius menyerahkan kunci kota Yerusalem kepada Khalifah Umar r.a. Sementara saat terkelam adalah saat Paus Urbanus II dalam Konsili Clermont, tahun 1095 berkhotbah dengan teriakan “Deus Vult!” “Allah menghendaki” yang menandai mobilisasi raja-raja Kristen Eropa untuk melakukan penyerangan terhadap Yerusalem.


4

DAMASKUS


DAMASKUS; Jilid 4 Ensiklopedia Peradaban Islam

“Jika surga itu ada di bumi, itulah Damaskus. Jika bumi itu ada di surga maka Damaskus adalah penjelmaannya.”
“Siapa pun di dunia Barat yang mencari keberhasilan, datanglah ke Damaskus untuk belajar. Sebab fasilitas di sini melimpah.” (Ibnu Jubair; Tarikh Hayat Umar)


5

BAGHDAD


BAGHDAD; Jilid 5 Ensiklopedia Peradaban Islam

“Baghdad seperti peta yang terkelupas, dan tetap, selalu tetap di sana dalam ingatan. Tigris dan Eufrat terus mengalir, seperti waktu yang mengalir. Kota ini seperti melawan kesementaraan, sambil terus memahat tragedi. Tak henti-hentinya mementaskan drama tanpa jeda. Baghdad adalah pedang tempat rintihan dan tawa harus disulam berulang-ulang.” (T. Rahzen)


6

KAIRO


KAIRO; Jilid 6 Ensiklopedia Peradaban Islam

Lebih dari 330 Fir’aun telah memerintah Mesir dalam 31 Dinasti dengan peninggalan besarnya, seperti Piramida dan Sphinx, 15 raja keturunan Plotemy, kemunculan Cleopatra, Alexandre the Great dan pemerintahan Romawi. Islam hadir di bumi Kairo pada tahun 641 M di bawah pimpinan sahabat Amr bin Ash yang fondasinya dilanjutkan dinasti Fatimiyah, Ayyubiyah, dan Turki Utsmani. Kairo adalah gudangnya ulama dan dapurnya buku-buku dengan Al-Azhar sebagai mercusuar ilmu dunia.


7

ISTANBUL


ISTANBUL; Jilid 7 Ensiklopedia Peradaban Islam

“Jika dunia ini adalah satu negara, maka Istanbul adalah ibukotanya.” (Napoleon Bonaparte)


8

PERSIA


PERSIA; Jilid 8 Ensiklopedia Peradaban Islam

Peradaban Islam Persia dibangun sarjana Syiah dan Sunni. Mereka adalah Al-Fargani (astronomi, w.880), Al-Farabi (falsafat dan musik, w.950), Kamal Al-Din Al-Farisi (matematika, w.1318), Ibrahim Al-Fazari (matematika dan astronomi, w.777), Al-Firdaus (sastra, w.1020), Jabr Ibn Hayyan (kimia, w.815). Ulama Suni madzhab Syafii Persia antara lain Imam Al-Haramayn Al-Juwayni (1028-1085), Al-Taftazani (1322-1390), Imam Al-Bukhari (810-870) dan Imam Al-Ghazali (1058-1111)



9

ANDALUSIA


ANDALUSIA; Jilid 9 Ensiklopedia Peradaban Islam

"Kota tersebut (Cordova) dipenuhi oleh harta kekayaan yang dapat menyilaukan para pengelana dunia, para aristokrat. Kolam-kolam merkuri yang bersinar memantulkan sinar matahari melalui tembok marmer dan langit-langit dari emas. Pintu-pintu berukir dengan gading dan kayu eboni membawa kita ke hamparan taman-taman eksotik dan patung-patung yang terbuat dari marmer dan mutiara". (Majalah the New York Time, 2005)


10

CINA MUSLIM


CINA MUSLIM; Jilid 10 Ensiklopedia Peradaban Islam

Islam pertama kali dibawa ke Cina oleh Sahabat Sa'ad Ibn Abi Waqqas, yang pernah datang bersama Ja'far Ibn Abi Thalib dan Abu Kabsha. Pada tahun 651 Sa'ad diterima dengan ramah oleh kaisar Gaozong dari dinasti Tang. Atas dasar persahabatan dan menghargai kekuatan kaum Muslimin, kaisar menyetujui pembangunan masjid pertama di Guangzhou yang dikenal dengan nama Masjid Huaiseng atau Memorial/Lighthouse Mosque.

ANDA BERMINAT DENGAN BUKU INI?
WA: +6281310459066
Twitter: @dendiirfan
FB: facebook.com/dendi.irfan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar