Rabu, 29 April 2015

MUHAMMAD TELADANKU




MUHAMMAD TELADANKU

By Eka Wardana





Pengalaman Pribadi “Tukang Bedah Buku”

Saya memiliki tiga orang anak. Sedari kecil, sekitar usia dua tahunan, ketiganya sudah biasa kami bacai buku-buku. Terutama buku-buku cerita yang bergambar. Nah, salah satu buku yang sangat berkesan bagi saya dan istri, adalah buku Muhammad Teladanku ini. Buku ini menjawab keinginan kami untuk menghadirkan sosok Rasulullah saw. di rumah kami. Kami ingin, anak-anak, juga kami tentunya, dapat meneladani sosok agung Rasulullah saw. beserta para sahabatnya.
Buku ini menggunakan tutur bahasa kisah yang mudah menyentuh perasaan, baik kepada anak maupun kepada kita sebagai orang tua. Saya menyaksikan dengan sendiri bagaimana anak-anak saya pada suatu saat dalam kondisi menangis semua, dan di situ ada umminya yang sedang memegang buku Muhammad Teladanku. Ternyata, mereka menangis setelah dibacakan kisah bagaimana Nabi menjadi yatim pada usia kecil. Ditinggalkan ayah dan ibunya, hingga dirawat oleh kakek beliau. Anak-anak saya menangis, membayangkan kondisi bagaimana jika mereka juga yatim ditinggalkan oleh ummi dan abinya. Hal ini membuat mereka semakin bersyukur bahwa ummi dan abinya masih ada. Membuat mereka semakin sayang dengan kami sebagai orang tuanya.
Momen lain, ketika anak-anak dibacakan kisah menjelang wafatnya Nabi saw. Dibacakan kisah tentang Ukasyah yang sangat menyentuh perasaan. Anak-anak saya, termasuk saya dan istri, semuanya menitikkan air mata. Air mata haru. Membuat kami semakin rindu dengan sosok agung, Sang Nabi junjungan.
Sejujurnya Ayah-Bunda, buku ini memudahkan kita untuk mentransfer keteladanan Rasulullah saw. kepada anak-anak kita. Dan, kita harus ingat pesan-pesan Nabi dan sahabat beliau berikut ini.
......

 
Dari Ali r.a. bahwa Nabi saw. bersabda,
"Didik anak-anakmu pada tiga hal: mencintai Nabi kalian, mencintai ahli bait (keluarga)nya, dan membaca Al-Qur'an, karena orang yang memelihara (memahami) Al-Qur'an, akan berada di bawah naungan singgasana Allah di hari yang tidak ada naungan setelah naungan-Nya, bersama para nabi-Nya, dan orang-orang suci-Nya. " (HR ath-Thabrani)
Sa’ad bin Abi Waqqash r.a. berkata, “Kami ajarkan kepada anak-anak kami kisah-kisah pertempuran Rasulullah saw. seperti halnya kami mengajarkan satu surah Al-Qur’an.”
Ayah Bunda, bagaimana menumbuhkan cinta kepada Nabi saw., kalau tidak dengan membaca sirah? Bagaimana mendidik jiwa kepahlawanan, kalau tidak dengan dihadirkan kisah-kisah peperangan Rasulullah saw. yang mahaagung?
Pengenalan pada sosok Rasulullah saw. sejak dini menjadikan mereka bangga dengan kebesaran sejarah agamanya, bangga dengan Nabinya; menjadikan Rasulullah sebagai teladan utama dalam hidupnya. Hal ini penting untuk pendidikan keimanan pada anak, juga mengajarkan kepada mereka adab, akhlak yang baik, dan motivasi untuk berbuat baik.
Karena itu, buku Muhammad Teladanku ini menjawab semua kebutuhan kita untuk menghadirkan sosok Rasulullah saw.
Ketika membacakan buku ini kepada anak-anak, ada dua hal yang kita dapatkan: (1) kedekatan kita orang tua dengan anak-anak, semakin erat; (2) menghadirkan sosok Rasulullah saw.; (3) pendidikan iman; (4) pendidikan akhlak.
Begitu banyak manfaatnya.




Keistimewaan Buku Muhammad Teladanku
  • Inilah buku sirah nabawiyah pertama di Indonesia yang dikemas untuk anak-anak dengan bahasa dongeng.
  • Mengenalkan keluarga kepada sosok teladan utama, Muhammad Saw.
  • Kaya akan nilai-nilai akhlaq mulia, sejarah, seni dan kebudayaan Islam.
  • Penuh dengan ilustrasi tangan yang unik, kreatif dan mendidik.
  • Dilengkapi dengan ensiklopedi mini kartun, program interaktif dan poster.

Tampilan Fisik
  • Ukuran : 15 x 210 x 280 mm
  • Terdiri atas 17 Jilid eksklusif.
  • Total halaman sebanyak 1190 halaman.
  • Sampul buku hard cover
  • Kertas isi Art Paper 190 gr
  • Diperkaya ilustrasi tangan yang unik kreatif,full color.
Judul Per Jilid
  1. Kelahiran Rasulullah
  2. Masa Muda
  3. Menjadi Rasul
  4. Ketabahan
  5. Tanda-tanda Kemenangan
  6. Madinah Al-Munawwaroh
  7. Mempersembahkan Islam
  8. Perang Uhud
  9. Perang Khandaq
  10. Kemenangan di Khaibar
  11. Penaklukan Mekkah
  12. Teladan Ummat Manusia
  13. Rasul Penyayang
  14. Rasul yang dicintai
  15. Rasulullah berkisah
  16. Wafatnya Rasulullah
  17. Mutiara Pelengkap
  18. Ensiklopedia Muhammad Teladanku
Bonus:
1. Games ular tangga terkait sejarah Nabi saw.
2. Paket sirah untuk balita.
3. Poster silsilah Nabi saw.


Untuk Siapa?
Semua orang.
  • Orang tua.
  • Anak-anak.
  • Para ilmuwan & intelektual.
  • Para pendidik dari tingkat perguruan tinggi hingga taman kanak-kanak.
  • Para mahasiswa dan pelajar.
  • dsb.



Apa Kata Mereka?

"Gambaran mengenai kisah perjuangan dan keteladanan Nabi Muhammad Saw dalam buku ini disajikan dengan sangat menarik dan disusun dalam bahasa yang cukup sederhana. Ilustrasi gambar-gambarnya pun indah dan penuh aneka warna.”
(Dr. Seto Mulyadi, Ketua umum Komnas Perlindungan Anak)
"Melalui buku ini kita akan semakin akrab dengan anak-anak kita dan bersiap untuk menjadi tauladan bagi mereka."
(Muhammad Arifin Ilham, Pimpinan Majelis Az-Zikra, Jakarta)

"Ia bukanlah cerita bergambar seperti komik, bukan semata-mata rangkaian hikayat, tidak pula sekedar menyuguhkan kisah dialogis. Di atas lembaran-lembarannya terhampar suguhan informasi yang informatif dan tuntas dengan bahasa yang mudah dicerna serta enak untuk dibaca. Tidak saja mengisi otak dengan ilmu tetapi menggerakkan emosi serta rasa dengan cukup menyentuh."
(Dr. Surahman Hidayat-- Direktur Shari’ah Consulting Centre)


Jika berminat:
WA: +6281310459066
Twitter: @dendiirfan
FB: facebook.com/dendi.irfan


1 komentar: